Cita rasa mie ayam bakso tomyam Saung Ibu yang khas



Kedai Saung Ibu ini terletak di Jalan Sulawesi Raya no. 19, Jombang, Ciputat - Tangerang Selatan, Banten. Tepatnya di area parkir lapangan tenis, dekat pintu gerbang perumahan Villa Bintaro Indah. Saung Ibu buka setiap hari sejak pukul 10.00 pagi sampai pukul 21.30 malam. 


Kedai Saung Ibu ini menyediakan berbagai pilihan menu, seperti:

  • Menu Tomyam: Tomyam Kelapa, Tomyam Udang, Tomyam Cumi, Tomyam Ayam, Tomyam Campur.
  • Menu Kwetiau: Kwetiau Kungpao, Kwetiau Goreng, Kwetiau Kuah.
  • Menu Mie: Mie Ayam Tomyam, Mie Bakso Tomyam, Mie Ayam Bakso Tomyam, Mie Aceh Biasa, Mie Aceh Udang, Mie Aceh Cumi, Mie Aceh Seafood, Mie Aceh Goreng, Mie Aceh Spesial.
  • Menu Nasi goreng: Nasi Goreng Ayam, Nasi Goreng Seafood.
  • Aneka Minuman: Es Kelapa Gelas, Es Kelapa Bulat, Es Jeruk, Es Jeruk Kelapa, Teh Tarik, Teh Manis, Es Teh Manis, Es Kopi, Es Jeniper, Jeniper Hangat.
Dari beberapa menu di atas, yang banyak di pesan oleh para pengunjung rata-rata adalah Tomyam Kelapa, Kwetiau Kungpao dan Mie Ayam Bakso Tomyam..


Menu Andalan:



Mie ayam bakso tomyan
Mie ayamnya tidak seperti mie ayam biasa pada umumnya.. Kuahnya pekat dan berasa kesegaran kuah tomyannya yang khas, sehingga kita tidak perlu menambahkan kecap atau saus seperti di warung-warung bakso pada umumnya. Mienya juga tidak terlalu mekar, sehingga menggugah selera. Apalagi baksonya kenyal-kenyal empuk. Kedai Saung Ibu memang benar-benar serius memilih kualitas semua bahan-bahannya. Mie ayam bakso tomyan emang maknyosss!..




Tomyan kelapa
Tomyam yang dibuat di Saung Ibu ini disajikan dalam batok Kelapa. Ini yang membuatnya berbeda. Tapi tak cuma sampai pada keunikan penyajian, rasa tomyamnya pun spesial karena benar-benar menggunakan bahan air dan daging buah kelapa. Pada umumnya, tomyam bercita rasa pedas asam. Namun, rasa asam itu justru dikurangi dan soal rasa pedas, disesuaikan dengan permintaan. 


Minimnya rasa asam pada Tomyam Kelapa ala Saung Ibu, ternyata justru disukai pelanggan. Meski tidak asam, tidak berarti menghilangkan cita rasa khas tomyam. Justru membuatnya berbeda dan disukai. Gurihnya juga sangat berasa dari air kelapanya dan susu kental manisnya pun membuat Tomyam Kelapa jadi lebih creamy. Rasanya sedap dan seger banget. Seafood-nya mantap, ditambah daging-daging kelapanya juga lembut. 

Saat mengaduk, Isi tomyam kelapa ini terasa sangat padat, satu demi satu akan kita temukan potongan cumi yang dipotong kecil-kecil, jamur, udang, bakso bulat, irisan tomat, dan bawang bombai. Selain itu ada juga potongan-potongan ayam, dalam jumlah banyak.. Belum lagi bumbu-bumbunya seperti daun jeruk dan sereh. Sedap banget! Saat menyantapnya, serasa tidak bisa berhenti, walaupun perut sudah kenyang.




Kwetiau kungpao
Makanan ini terbuat dari kwetiau yang digoreng, berisi campuran sayur seperti potongan wortel, sawi, brokoli, bawang goreng dan daun bawang. Ada irisan bakso dan daging ayam juga tentunya. Penampakan kwetiaunya putih, mirip kerupuk. Rupanya kwetiau digoreng lebih dulu, makanya mengembang seperti kerupuk.  


Saat disajikan, Kwetiau disiram dengan kuah tomyam yang dikentalkan. Baru kemudian kwetiaunya menjadi lembut. Rasanya beda ama kwetiau lain! Penggunaan kuah tomyam inilah yang membuat masakan ini dinamakan Kwetiau Kungpao Tomyam. Dulu pada awalnya, masakan ini tidak ada dalam daftar menu. Hanya disediakan jika ada permintaan. Jadi, buat yang ingin coba, mesti pesan langsung sendiri. Namun seiring makin banyak permintaan, maka kini akhirnya dimasukkan kedalam menu.


Harga:
Harganya berkisar Rp 15.000 hingga Rp 30.000, tergantung menu yang dipilih.


Bagi Anda pecinta bakso (bakso lover's) jika berkunjung ke kedai Saung Ibu, wajib mencoba ketiga menu andalan di atas.. karena ketiganya ada baksonya dengan bentuk penyajian dan cita rasa yang khas. Super lezattt pokoknya!




Nara sumber: dari berbagai sumber.

Share on Google Plus

About Unknown

    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments: