Bakso Uleg Pak Di: Sensasi segarnya bakso kupat tanpa mie!



Di temanggung ada banyak warung-warung dan rumah makan yang menjual bakso lombok uleg. Namun ada satu penjual bakso lombok uleg yang terkenal yaitu rumah makan Bakso Lombog Uleg “Pak Di” yang terletak di Jalan Soedirman No.48 A yang merupakan jalan utama menuju alun-alun kota Temanggung (depan BRI). Bakso Lombok Uleg Pak Di keberadaannya sudah ada sejak tahun 1950-an, didirikan oleh Pak Ali Prawiro (Alm), awalnya beliau menjajakan dengan gerobak pikulan dari kampung ke kampung hingga bertahan sampai Pak Samudi, generasi ke-3 yang mematenkan merek “Pak Di” pada tahun 2002. 


Bakso Lombog Uleg “Pak Di” khas Temanggung ini berbeda dengan bakso yang ada di kota lain bakso ini tidak menggunakan mie atau pun bihun, tapi terdiri dari potongan ketupat, tahu dan bakso, jadi dijamin kenyang. Ditaburi dengan irisan daun seledri dan dan renyahnya bawang goreng akan menambah aroma sedap yang mengundang selera. Keistimewaan lainnya adalah pada cita rasa kuahnya yang khas dengan sambal berupa cabai rawit (lombok) yang “diuleg” langsung di mangkuknya, sehingga tidak lagi diperlukan saos sebagai campuran.


Selain ketupat dan lombok uleg, Bakso Lombok Uleg Pak Di juga punya cara penyajian khas yaitu mangkuk selalu dilengkapi dengan lepek. Hal itu tak lepas dari sejarah tidak tersedianya meja ketika (Alm) Ali Prawiro menjajakan baksonya, maka digunakan lepek untuk menahan panas. Meski saat ini sudah tersedia meja namun keunikan ini masih terus dipertahankan oleh generasi penerusnya.



Karena khas dan rasanya enak dan segar, Warung Bakso Lombok Uleg Pak Di Temanggung selalu ramai pembeli apalagi saat jam-jam makan siang dan selepas maghrib. 

Bakso Lombog Uleg Pak Di kini telah memiliki banyak cabang yang tersebar dibeberapa kota besar, yaitu:
  • Skylight Plaza; Jl. Tentara Pelajar No. 7 Bayeman Magelang
  • Godean Km 4 Sumberan Kasihan Bantul Yogyakarta
  • Kaliurang Km 6,2 Sleman Yogyakarta
  • Nusa Indah 2 No. 224 Condong catur Sleman Yogyakarta
  • Bantul No. 64 A Yogyakarta
  • KH. M. Mansyur No. 112 Bendan Pekalongan

Menu utama: 


Bakso komplit
Bakso lombok uleg berbeda dibanding bakso lain pada umumnya. Kalau biasanya bakso pake mie, bakso lombok uleg ini memakai kupat dan tahu sebagai pasangan baksonya. Perpaduan bakso, kupat, tahu dan kuah dengan sambal cabai rawit yang “diuleg” langsung di mangkuknya membuat rasa bakso ini semakin nikmat dan segar.


Menu lain yang wajib dicoba:


Bakso tahu:  perpaduan bakso, tahu dan kuah. 

Bakso kupat: perpaduan bakso, kupat dan kuah.

Bakso kuah: perpaduan bakso dan kuah doang.

Minuman: tea ice, orange ice, lemon tea, soft drink, syrup, happy shoda, pink panther.


Harga:
Harganya tidak mahal, relatif terjangkau dikisaran Rp 7.000 s/d Rp 10.000.


Bagi para pecinta bakso (bakso lover's) jangan lupa untuk mampir di pusat Bakso Lombok Uleg Pak Di ini jika sedang berkunjung atau melewati kota Temanggung.



Nara sumber: dari berbagai sumber.







Share on Google Plus

About Unknown

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment