Bakso Es: Isinya lengkap dengan mie, kuah dan telor?



Jika Anda pergi melancong ke kota Pati - Jawa Tengah, jangan lupa untuk mencoba salah satu kuliner kota Pati yang unik, yaitu pelepas dahaga ala “Kota Seribu Paranormal” yang layak dicoba. Warga di Kota pati menyebutnya sebagai Bakso es!

Jika berbicara bakso, tentu yang terlintas dibayangan sesaat adalah sebuah makanan dengan bentuk bola bakso daging yang terbuat dari adonan tepung dan daging. Biasanya, bakso disajikan dengan mie kuning atau mie putih dan kuahnya adalah kuah yang panas. Namun bagaimana jika bakso yang identik dengan kuah panas tersebut dicampur dengan es? Apakah jadi mie bakso kuah es?.. Penasaran khan?


Bakso es atau es bakso ini merupakan kuliner unik yang membuat Anda penasaran, karena hidangan ini bukan semangkuk kuah kaldu dengan bakso dan campuran bihun yang diberi es batu. Hidangan Bakso es adalah hidangan minuman segar yang disajikan dengan es, dimana bahan sajiannya dibuat semirip mungkin seperti sajian dalam hidangan bakso pada umumnya.


Dalam hidangan Bakso es ini, kenyalnya rumput laut yang dibentuk sedemikian rupa menjadi pengganti mie atau bihun. Lalu bakso pada bakso es ini dibuat dari agar-agar yang dibentuk sedemikian rupa seperti bakso bulat pada umumnya. Beberapa potong buah-buahan pun dibentuk seperti bakso. Begitu juga dengan mi, yang dibuat dari bahan dasar rumput laut menjadi campuran yang menyegarkan. Kemudian beberapa agar-agar diolah dengan cara tertentu, sehingga terbentuk agar-agar telur (bentuknyapun ada yang mirip telur mata sapi). Belum lagi citarasa manis air gula atau sirup dan tambahan es batu. 

Soal rasa, es dengan perpaduan buah dan rumput laut ini sangat digemari warga Pati. Wisatawan yang datang ke Pati pun biasanya sangat penasaran untuk mencoba Bakso es dari Pati ini. 

Soal harga, untuk menikmati Bakso es ini Anda hanya perlu mengeluarkan uang Rp 8.000 untuk satu porsinya. 

Penjual Bakso es ini juga tidak sulit dicari. Anda akan banyak menemukannya disepanjang jalan utama Kota Pati yang juga menjual kuliner khas lainnya seperti Nasi Gandul, Soto Kemiri dan lainnya. 


Nah, bagi Anda yang melancong ke Kota Pati, menikmati Bakso es akan menjadi cerita tersendiri di sepanjang perjalanan Anda..




Nara sumber: dari berbagai sumber.

Share on Google Plus

About Unknown

    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 comments: