Bakso Penyet: Pedasnya khas dan mantap banget!



Bakso penyet dengan sambal terasi yang pedas ini hanya ada di Warung Bu Kris. Warung ini terletak di Jalan Tenggilis Utara No. 1, Surabaya. Saat ini Warung Bu Kris sudah memiliki beberapa cabang yang tersebar di Surabaya, Sidoarjo, Denpasar, Jakarta dan Tangerang. 


Warung Bu Kris pun telah memiliki beberapa cabang di Kota Jakarta dan sekitarnya, berikut alamat cabang di Jakarta dan Bekasi.
  • Jl. RS. Fatmawati No 37D, Fatmawati Jakarta
  • JL. Boulvard Timur Raya Blok ZD 1, Kelapa Gading
  • Jl. Meruya ilir RayaNo. 1 GH, Merua, Jakarta
  • Jl. Pluit Permai Raya No. 10, Pluit, Jakarta
  • JL. Letnan Sutop RUko Golden Madrid 2, Blok G No.7 Jakarta
  • Jl. Harapan Indah, Medan Satria, Bekasi.

Penyetan, atau sambelan ialah sajian yang sulit dilepaskan dari Surabaya. Biasanya terdiri dari sambal pedas, lalapan dan lauk yang dipenyet di sambalnya. Lauk bisa berupa ayam, atau tempe. Tapi di Warung Bu Kris, bakso pun dipenyet dengan sambal.. Hhhm lezatos!

Tempatnya lumayan besar dan pantas disebut rumah makan atau restoran meski dinamai ‘warung’. Ruangannya pun sejuk berkat AC sehingga apabila banyak pengunjung yang datang tidak akan mengurangi kenyamanan. Dan yang penting, tidak akan keringatan meski kepedasan!


Menu Utama:


Bakso penyet
Makan bakso kuah adalah biasa, namun makan bakso penyet dengan sambal terasi yang pedas adalah luar biasa.. Anda akan merasakan sensasi baru pada saat mencicipi bakso penyet ini. 

Bakso penyet ini disajikan di atas cobek tanah liat, dengan sambal, lalapan timun, daun kemangi dan daun kol. Baksonya digoreng terlebih dahulu sampai kulit bakso terlihat kecoklatan. Setiap butir bakso dibelah empat. Setelah digoreng lalu dipenyet dengan sambal.. Pokoke rasa gurih dan kenyal bakso gorengnya pas di mulut dech!

Makan bakso penyet ini enaknya makan dengan nasi hangat yang masih mengepul, waduh, sangat mantap rasa sambalnya!

Sambal yang disajikan merupakan hasil ulekan kasar cabai rawit merah, tomat, garam, dan terasi. Pedasnya berasa banget, langsung panas di telinga!

Bicara sambal, sambalnya bisa kita pesan sesuai selera, ada yang tidak pedas, sedang dan super pedas. Untuk yang super pedas, terbuat dari cabe rawit, tanpa campuran cabe merah besar. Bagi yang suka pedas, bisa mencoba sambal yang super pedas dan saat memakannya bisa sampai bercucuran keringat karena kepedasan. Sambal inilah yang membuat para pelanggan Warung Bu Kris kangen dan sering singgah di warung ini. 



Ayam goreng penyet
Ayam gorengnya terasa empuk dan enak, apalagi ditambah dengan sambal penyetnya. Rasa terasi dan cabai pedas terasa menyengat di lidah! Ditambah nasi hangat yang masih mengepul, waduh, nikmatnya tiada tara ;)



Iga penyet
Iga penyet di Warung Bu Kris disajikan di atas cobek yang terbuat dari tanah liat, dengan lumuran sambal yang berlimpah. Ditambah nasi hangat yang masih mengepul, Hhm gak nahan nikmatnya.. lezat banget!


Menu lainnya:


Warung ini juga menyediakan empal, bebek, lele, udang, telur, gurami, tahu dan tempe yang semuanya diolah/disajikan dengan cara dipenyet. Sayur asem, pecel, urap, gado-gado dan rawon juga tersedia di sini. Sedangkan untuk minumannya, ada es dawet, es cincau, es campur, es lemon tea, es kacang hijau dan masih banyak yang lainnya.


Harga:
Harga yang ditawarkan sangat bervariasi, rata-rata berkisar antara Rp 8.000 s/d Rp 54.000 tergantung paket menu yang dipilih.


Rugi rasanya jika Anda belum mencicipi bakso penyet dengan sambalnya khas Bu Kris ini. Karena, rasa pedasnya bisa bikin lebih seru menikmati hidangan, hingga cocolan terakhir.




Nara sumber: dari berbagai sumber.

Share on Google Plus

About Unknown

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment