Bakso Cuanki Serayu: Cita rasanya beda dari bakso biasa



Warung Bakso Cuanki Serayu ini berada di jalan Serayu No. 2, di daerah Jalan R.E Martadinata-Bandung. Warung bakso yang satu ini banyak digemari warga Bandung dan dan orang-orang yang berwisata ke Bandung. Warung ini buka siang dari jam 11:00 hingga malam jam 20:00.

Nama 'Cuanki Serayu' cukup ramai diperbincangkan diantara para pecinta bakso (bakso lover's). Tempat makan yang sudah buka sejak tahun 1990-an ini mengambil nama dari Jalan Serayu, tempat warungnya berdiri. Konon kata 'Cuanki' ini adalah singkatan dari 'cari uang jalan kaki' karena usaha ini diawali dari gerobak keliling. Di Bandung khususnya di wilayah dalam dan pinggir kota, masih suka terlihat pedagang cuanki yang dijajakan berkeliling di beberapa gerobak dan pikulan.



Warung Bakso Cuanki Serayu ini juga memiliki beberapa buah cabang, diantaranya ada di:
  • Jl. Bengawan No. 69 Bandung
  • Jl. Babakan Sari No. 93 Bandung
  • Jl. Kampus (depan kampus darmanegara) Bandung.


Menu utama:



Bakso cuanki
Cuanki terdiri dari campuran bakso, tahu goreng dan tahu putih, siomay, serta batagor dalam satu mangkuk. Jika ada yang pesan, si penjual tinggal menuangkan bumbu, kecap, saos, bawang merah goreng, seledri dan kuah kaldu serta sambal sesuai permintaan. 

Kuah kaldunya konon terbuat dari rebusan tulang ikan, bukan tulang sapi seperti kuah bakso biasa, terasa hambar jika tak ditambahi apa-apa. Untunglah di meja tersedia saus sambal, sambal, cuka, serta kecap asin dan manis yang bisa menambahkan cita-rasanya.

Bakso kecil-kecil lengkap dengan tahu putih dan tahu goreng serta batagor yang renyah, membuat hidangan ini jadi mirip bakwan Malang. 

Di antara yang lain, siomaynya yang paling memiliki citarasa, khususnya rasa ikan.

Kombinasi dari itu semua menghasilkan perpaduan cita rasa bakso yang khas.. Hhm wanginya dan lezatnya wow dech!.. Kuahnya super gurih.. Mantap!


Menu lain yang wajib dicoba:



Batagor
Batagor adalah perpaduan bakso dan tahu yang digoreng menjadi satu kesatuan (tahu isi bakso). Batagor dan kulit pangsit gorengnya dipotong menjadi beberapa bagian, lalu saus kacang dituangkan di satu sisi agar tak bercampur dengan batagornya. Jadi, batagor bisa dicocol saja, atau jika mau bisa dijadikan satu serta diaduk rata dengan saus kacangnya. Kemudian ada kombinasi tekstur renyah dari kulit pangsit goreng dan empuk dari tahu gorengnya.

Saus kacangnya sangat lembut, kental, dan manis, mirip selai kacang. Kecap manis dan air perasan jeruk nipis membuat sausnya makin nikmat dan harum. Kalau mau pedas, minta tambahkan sambal saja.

Pilihan minumannya: air mineral, teh  botol dan jus aneka buah.


Harga:
Seporsi bakso cuanki dan batagor (isi enam) ini tidaklah mahal, yaitu Rp 12.000 dan jika ingin memesan setengah porsi (isi empat) Rp 8.000.


Kalo ke Bandung mampir dulu ke warung Batagor dan Bakso Cuanki Serayu. Selamat mencoba dan mencicipi!..



Nara sumber: dari berbagai sumber.
Share on Google Plus

About Unknown

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment