Bakso Linggarjati: Yamin bakso babatnya maknyoss!



Bakso Linggarjati terletak di sebuah jalan sempit, yaitu  Jalan Balong Gede No. 1 di depan alun-alun Bandung. Bangunannya berada di samping ex-Bioskop Dian yang sekarang menjadi kantor notaris. Bioskop Dian adalah salah satu teater tua di Bandung. Buka setiap hari pukul 08.30 hingga pukul 20.00 WIB.

Rumah makan bakso linggarjati masih mempertahankan konsepnya dari awal dia berdiri, yakni pada tahun 1950 hingga sekarang, memiliki resep bumbu klasiknya sangat disukai para penggemarnya dari berbagai usia dan kalangan. 



Sebagai daerah herritage, warung bakso Linggarjati ini pun menempati bangunan kuno. Didominasi warna hijau dengan interior jadul ala warung makan zaman dulu, dari mulai counter kasir, meja dan bangku pelanggan, dinding, serta kipas anginnya. Di tahun 1950 Linggarjati berdiri sebagai warung makan biasa hingga akhirnya memutuskan untuk fokus pada kuliner mie bakso dan yamin.


Menu utama:



Yamin bakso babat

Setiap helai mie yamin yang tersaji di atas mangkok, beraroma gurih dan manis dari yamin manis (bisa juga pilih asin) yang ditaburi suwiran daging ayam halus ini begitu pas dengan lidah. Sementara itu baso (bisa tambah pangsit) yang disajikan di mangkok terpisah bersama kuah terasa empuk dan babatnya juga empuk serta tidak liat. 




Mie bakso babat
Mie-nya begitu lembut bahkan kalau sekilas nampak seperti parutan halus, kemudian ada bawang daun yang memberikan aroma khas dan tekstur crunchy saat mengunyah mie., ditambah kuah baksonya yang bening dan tak kelebihan minyak. Potongan daging babatnya pun menambah cita rasa gurih yang luar biasa.. enakkk!



Menu lainnya:



Selain mie juga tersedia aneka minuman dan es. Tapi sangat direkomendasikan agar mencicipi es alpukat dan es shanghai-nya! 



Es alpukatnya bukan di jus, sehingga daging buah alpukat yang lembut itu tidaklah diblender namun ditumbuk kasar dengan sendok, diberi es serut diatasnya, dan susu kental manis cokelat. Rasanya benar-benar lezat sehingga tak heran begitu melegenda.



Harga:
Harganya berkisar antara Rp 25.000 hingga Rp 35.000 tergantung menu yang dipilih.




Nara sumber: pengalaman pribadi dan dari berbagai sumber.

Share on Google Plus

About Unknown

    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

  1. mak nyooss dah nyoba, recommended buat penikmat bakso babat, yamin, shanghainya legend dah, alpukatnya slurrppp

    ReplyDelete